E-Commerce & E-Business

E-Commerce

E-commerce yang biasa disebut juga Perdagangan elektronik adalah suatu proses pembelian, penjualan, pertukaran barang dan jasa antara dua belah pihak melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

E-Business

E-Business adalah kegiatan transaksi , jual beli , bisnis yang dilakukan secara otomatis melalui kegiatan elektronik/internet  dan juga perusahaan dapat berhubungan langsung dengan customernya , rekan bisnis ataupun supplier.
E-business juga bisa berupa iklan , mengajak seseorang untuk membeli produk.

Kelompok yang masuk dalam e-business adalah :
  1. Customer Relationship Management (CRM)
    Strategi bisnis dari layanan dan sofware yang didesain untuk meningkatkan keuntungan , pendapatan dan kepuasan pelanggan.
  2. Enterprise Resource Planning (ERP)
    Strategi bisnis dari system informasi perusahaan yang dgunakan untuk koordinasi Sumber daya , informasi yang digunakkan untuk proses bisnis.
  3. Enterprise Application Programs (EAI)
    Strategi bisnis konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan saling bertukar data.
  4. Supply Chain Management (SCM)
    Strategi Manajemen rantai suplai yang secara otomatis terkomputerisasi.

Perbedaan  E-Business E-commerce

Perbedaan antara e-Business dan e-Commerce yaitu dalam hal jangkauannya. e-Business mempunyai jangkauan yang luas. Cara yang dilakukan oleh e-Business yaitu ketika sebuah perusahaan atau individu berkomunikasi dengan klien atau nasabah menggunakan e-mail tetapi pemasaran atau penjualan di lakukan dengan menggunakan internet. Dengan begitu, didapatkanlah keuntungan yaitu berupa keamanan, fleksibililtas, dan efisiensi. Cara pembayarannya yaitu dengan melalui pembayaran digital secara E-Gold yang sudah diakui di seluruh dunia dalam melakukan transaksi online. Sedangkan, e-Commerce mempunyai jangkauan yang lebih sempit karena merupakan subperangkat dari e-Business. Cara yang digunakan e-Commerce yaitu pembayaran untuk setiap produk yang dibeli menggunakan account PayPal atau kartu kredit.
Selain itu perbedaan antara e-business dengan e-commerce terletak pada cakupannya. Untuk E-commerce lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat internet sedangkan e-business merupakan fungsi dari kegiatan bisnis menggunakan data elektronik.

Ruang Lingkup E-Business
Ada 4 Prinsip yang terdapat dalam ruang lingkup:
Dimensi What.
Wilayah e-bisnis mencakup kolaborasi antara organisasi dan mitranya, interaksi antara organisasi dan pelanggannya, pertukaran informasi antara organisasSi dengan para stakeholder, dan lain sebagainya.
 Dimensi Who.
Entitas-entitas yang berinteraksi dalam suatu sistem ebisnis dapat diklasifikasikan menjadi: Agent, Business, Consumer, Device, Employee, Family, and goverment.
 Dimensi Where.
Kegiatan e-bisnis dapat dilakukan di mana saja, sejauh pihak-pihak yang berkepentingan memiliki fasilitas elektronik sebagai kanal akses (access channel)
 Dimensi Why.
Penerapan e-bisnis tidak saja menguntungkan organisasi karena banyaknya komponen biaya tinggi yang dapat dihemat, tetapi juga memberikan kesempatan kepada organisasi untuk menaikkan tingkat pendapatannya.

Fitur & Fasilitas

Contoh portal yang menyediakan fitur dan fasilitas yaitu seperti Kaskus
Berikut ini fitur dan fasilitas pada kaskus :
1. KasPay
KasPay adalah sistem pembayaran online resmi dari PT. Darta Media Indonesia. Saat ini layanan KasPay dapat digunakan di KASKUS dan situs-situs lain yang berafiliasi dengan KasPay. Dalam waktu dekat KasPay akan menjadi sistem pembayaran utama di KASKUS Marketplace yang akan segera diluncurkan.

2. E-Pulsa
E-pulsa adalah sebuah layanan dari Kaskus yang menyediakan fasilitas pengisian pulsa dan jika kita mau membeli, kita harus membayar menggunakan KasPay. Semua layanan operator didukung di Kaskus e-pulsa.

3. Kaskus Ads
Layanan Kaskus yaitu Kaskus Ads atau KAD adalah sebuah situs di mana jika kita mau beriklan di Kaskus, kita bisa menempatkan iklan tersebut, tetapi kita harus membayar Kaskus. Dengan layanan Kaskus Ads banyak sekali orang atau pengguna kaskus yang senang beriklan di Kaskus karena biayanya murah dan karena Kaskus mempunyai banyak member.

4. BranKas
BranKas alias Brankas KASKUS adalah fasilitas yang dimiliki KASKUS untuk menjembatani proses pembayaran antara Penjual dan Pembeli yang bertransaksi di KASKUS Jual Beli.

5. Kaskus Radio
Kaskus Radio merupakan sebuah Radio Internet Indonesia di bawah naungan komunitas Kaskus. Kaskus radio yang biasa disingkat KR memiliki lebih dari dua puluh penyiar. Radio yang memutarkan lagu selama 24 jam ini memutarkan lagu dari berbagai bahasa, seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, dan masih banyak lagi.

6. Kaskus Mobile
Kaskus mobile adalah situs Kaskus yang sudah diubah tampilannya menjadi minimalis sehingga sesuai dengan layar perangkat telepon genggam. Alamat Kaskus mobile adalah m.kaskus.co.id atau kask.us. Fitur di versi ini bersifat terbatas.

E-business Terbaik Nasional

 Nasional

1.  http://www.kaskus.us
2.  http://www.tokobagus.com
3.  Indonesia Air Asia (http://www.airasia.com) 
4.  Oto.co.idOto.co.id sebuah situs penjualan mobil oto multiartha.
5.  PT.Garuda IndonesiaGaruda Indonesia


E-Marketing

Dalam e-Business terdapat E-Marketing dimana e-marketing juga berperan dalam penyusunan sistem e-business.
E-marketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital lain. Menurut Boone dan Kurtz (2005) 
E-marketing adalah penggunaan data dan aplikasi elektronik untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep, distribusi, promosi, dan penetapan haga untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi. Strauss dan Frost (2001) 
E-marketting adalah proses pemasaran yang menggunakan teknologi informasi elektronik khusunya adalah internet.

Marketplace dan Marketspace
Marketplaces adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk bertukar barang dan jasa dengan uang atau dengan barang dan jasa lain secara nyata.
Marketspace dalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk bertukar barang dan jasa dengan uang atau dengan barang dan jasa lain, melalui media elektronik. Media elektronik yang dipakai adalah komputer yang dilengkapi dengan jaringan internet.
Kelebihan marketplaces
  • pembeli dan penjual bisa bertransaksi secara langsung.
  • transaksi lebih jelas dan kecurangan dalam bisnis kemungkinannya kecil
Kelemahan marketplaces
  • tidak efisien waktu dan tempat
  • pembeli dan penjual tidak bisa melakukannnya dalam jarak jauh, mereka harus bertemu langsung.
Kelebihan marketspaces
  • penjual dan pembeli dapat bertemu di mana saja dan kapan saja
  • efiseien biaya dan waktu
  • barang yang dijual lebih variatif
Kelemahan marketspaces
  • pembeli terkadang lama dalam menerima barang hasil transakasi
  • seringnya terjadi kejahatan internet
  • Perlu adanya tambahan biaya untuk alat-alat khusus sperti koneksi internet, modem, dan sebagianya.

Marketing Mix

Marketing Mix adalah sekumpulan variable – variabel pemasaran yang dapat dikendalikan, yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang diinginkan dalam target pemasaran

Perbedaan antara konsep Brick and Mortar dengan Click and Mortar


a). Brick and Mortar adalah proses penjualan atau sistem bisnis dimana konsumen melakukan transaksi (memilih, membeli, dan mendapatkan barang) pada toko-toko atau dealer-dealer dengan mendatangi tempat secara langsung.


b). Click and Mortar adalah proses penjualan atau sistem bisnis dimana konsumen melakukan transaksi (memilih dan membeli barang) melalui internet kemudian melakukan pengambilan barang dengan mendatangi tempat (toko atau dealer).

Sumber :
https://web7crawler.wordpress.com/2015/05/30/apa-perbedaan-e-business-dan-e-commerce/
http://octianaeni.blogspot.co.id/2013/10/apa-itu-e-commerce.html
http://rahmi094.blogspot.co.id/2014/03/perbedaan-antara-e-commerce-dengan-e.html
http://jeanvickram.blogspot.co.id/2016/02/fitur-fitur-di-kaskus.html
https://romirusliawan.wordpress.com/2016/03/02/marketplace-dan-marketspace/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan E-business pada PT. Inixindo

Cara Google Mendapatkan Keuntungan

Cara Mencari Supplier di Toko Online Dengan Harga Barang Murah